RSS

Ada 2 Ribu Pemilih Baru di Jakarta Timur

31 Jul

Senin, 30 Juli 2012 | 05:31 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum Jakarta Timur, Chairil Anwar, menyatakan telah menerima pendaftaran sekitar 2.000 warga Jakarta Timur sebagai pemilih untuk putaran kedua Pemilihan Gubernur Jakarta. “Mereka akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap susulan,” kata Chairil saat dihubungi Ahad, 29 Juli 2012.

Angka itu masih bisa bertambah karena KPU Jakarta Timur masih menerima pendaftaran susulan di kecamatan-kecamatan sampai Senin 30 Juli 2012. “Sebelum dilakukan rekapitulasi atau perhitungan ulang,” katanya.

“Jadi walaupun hari ini pendaftaran sudah ditutup di tingkat kelurahan, masyarakat yang masih ingin mendaftar sebagai pemilih masih bisa mendaftar di kecamatan,” kata Chairil menegaskan. Hal tersebut, kata dia, dilakukan untuk memberikan peluang sebesar-besarnya bagi warga yang ingin menggunakan hak politiknya dalam pemilihan Gubernur Jakarta kali ini.

Berbeda dengan sejumlah wilayah lain, warga Jakarta Timur lebih proaktif mendaftarkan diri. “Sekarang ini memang berbeda dari dahulu. Dulu petugas yang harus proaktif mendatangi warga, sekarang malah warga yang antusias mendatangi kami,” kata Chairil.

Untuk mengakomodasi pemilih yang tak terdaftar dalam DPT pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran pertama lalu, KPU Jakarta memang sudah membuka pendaftaran pemilih pada tanggal 25-29 Juli 2012. Pendaftaran pemilih bisa dilakukan di Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di setiap kantor kelurahan di Jakarta.

Setiap pemilih yang belum terdaftar dan ingin mendaftarkan dirinya hanya diminta membawa foto copy kartu keluarga, KTP, serta surat ketrangan dari RT dan RW. Setelah terdaftar di kelurahan, Chairil menjelaskan, daftar pemilih susulan tersebut kemudian dibawa ke kecamatan untuk pengecekan. Usai dari kecamatan, daftar DPT baru kemudian digabungkan di tingkat kota dan selanjutnya diserahkan ke KPU DKI Jakarta.

“Pendaftaran ini dibuat secara kolektif atau oleh masing-masing individu,” kata Chairil. Penggunaan metode tersebut, menurutnya, dilakukan demi mencegah adanya penggelembungan suara akibat DPT ganda.

Nantinya, Chairil menjelaskan, para pendaftar susulan dapat mencoblos pada Pemilihan Gubernur Jakarta hanya dengan membawa KTP, kartu keluarga, serta surat pengantar dari RT dan RW tempat ia tinggal. Ada pun penetapan DPT tambahan paling lambat dilakukan tanggal 4 Agustus oleh KPU DKI Jakarta.

RAFIKA AULIA

sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/07/30/228420059/Ada-2-Ribu-Pemilih-Baru-di-Jakarta-Timur

 
Leave a comment

Posted by on July 31, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: