RSS

Mencari DKI 1

01 Aug

Mengurus kota metropolitan seperti Jakarta memang tidak mudah. Siapapun yang menjadi pemimpin di Jakarta sudah pasti dihadapkan pada ekspektasi warga yang demikian besar terhadap perubahan. Hal ini wajar mengingat Jakarta bukan hanya milik mereka yang memiliki KTP Jakarta tetapi milik seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai ibukota negara, Jakarta adalah tolak ukur, etalase dan untaian mimpi panjang bagi jutaan masyarakat Indonesia. Setidaknya meski tidak tinggal dan bekerja di Jakarta mereka masih ingin melihat ibu kota negaranya dalam kondisi aman, tertib, lancar, bebas banjir, bebas macet. Begitu seksinya posisi Jakarta di mata masyarakat Indonesia maka setiap pemilihan gubernur pasti menarik perhatian nasional. Siapa yang menjadi calon, track record, program, partai pendukung, isu kampanye sampai jenis dan motif baju yang dipakai menjadi sorotan masyarakat. Salah satu isu yang menjadi perbincangan adalah kisruhnya daftar pemilih tetap (DPT). Penambahan jumlah pemilih baru di putaran ke 2 menjadi bukti kisruhnya persoalan DPT.
Antusiasme publik menunjukkan besarnya harapan terhadap pemimpin baru di Jakarta. Selain di dunia nyata perbincangan sosok gubernur Jakarta juga terjadi di dunia maya. Kehadiran beragam media sosial seperti facebook dan twitter membuat arena diskusi semakin tak terbatas. Fenomena ini juga menunjukkan trend baru penelitian politik yang tidak terbatas pada prediksi berdasar data kuesioner fisik semata. Salah satu hasil survey yang terbukti kebenarannya adalah PoliticaWave.com yang memprediksi pasangan Jokowi-Ahok akan menang di putaran pertama. PoliticaWave.Com merupakan alat analisa yang merekam langsung perbincangan mengenai kandidat gubernur Jakarta di media sosial.
Melihat potensi masalah yang ada di Jakarta sesungguhnya sosok gubernur yang diharapkan adalah yang mampu mengimplementasikan rencana perubahan dan menjadi katalisator bagi semangat perubahan warganyaa. Untuk mengatasi banjir misalnya, sudah banyak rencana tata ruang yang dihasilkan dari beragam penelitian dalam dan luar negeri. Macet di Jakarta juga sudah ditemukan solusinya, mulai dari busway, monorel, MRT, moving people, kenaikan tarif parkir, pembuatan jembatan layang dan rencana lain. Intinya sudah terlalu banyak rencana bagus yang dihasilkan untuk mengatasi persoalan Jakarta. Pertanyaannya kenapa keadaan Jakarta seolah tidak ada perubahan?. Jawabannya terletak pada dua hal, pertama, belum ada sosok pemimpin yang mampu mengimplementasikan beragam rencana pembenahan Jakarta. Kedua, belum ada pemimpin yang mampu menjadi katalisator untuk merubah mentalitas warga Jakarta agar mau terlibat membenahi kotanya. Jakarta tidak bisa dibenahi hanya dengan program pemerintah semata. Harus ada kemauan dan semangat yang kuat dari warganya untuk terlibat didalamnya. Sebagai contoh, percuma pemerintah mengeruk sungai agar tidak banjir sementara warganya tetap membuang sampah di sungai. Percuma juga pemerintah memperbaiki transportasi umum kalau warganya tidak mau naik angkutan umum. Bagaimana Jakarta tidak macet kalau setiap warga berlomba-lomba memiliki kendaraan pribadi. Dari sini nampak bahwa sesungguhnya gubernur yang dibutuhkan oleh warga Jakarta adalah sosok yang mampu mengimplementasikan beragam rencana pembenahan dan mampu menjadi katalisator warganya untuk berubah. Tanpa dua kemampuan tersebut sulit untuk mengharapkan perubahan signifikan di Jakarta.

 
Leave a comment

Posted by on August 1, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: