RSS

Pencegahan Traficking, Perlu Upaya Lebih Konkret

16 Jan

Semakin menjamurnya bisnis keperawanan menunjukkan bahwa upaya penghapusan trafficking belum maksimal. Berbagai upaya tersebut nampaknya masih banyak yang berhenti pada tingkat wacana, sekedar menjadi bahan seminar atau tak lebih dari himbauan. Untuk itu perlu upaya lebih konkret agar bisnis ini bisa dihentikan.
Trafficking sendiri menurut protokol PBB tahun 2002 adalah usaha dalam perekrutan, pemindahan, penampungan perempuan baik dengan ancaman, penculikan, penggunaan kekerasan, bentuk pemaksaan, penipuan atau kecurangan atau penyalahgunaan untuk manfaat memperoleh ijin dari orang lain yang mempunyai tujuan eksploitasi. Fenomena bisnis keperawanan tidak bisa dilepaskan dari trafficking karena dalam kegiatan tersebut unsur-unsur pelacuran telah terpenuhi.
Melihat kenyataan tersebut perlu upaya lebih konkret untuk menghapus praktek jual beli keperawanan ini. Beberapa cara yang bisa ditempuh diantaranya, pertama, membangun komunitas-komunitas basis wanita ditengah masyarakat yang mampu memberikan pendidikan melek gender dan pentingnya membangun kesadaran perempuan agar tidak menjadi korban. Selain itu, komunitas basis juga harus bisa memberikan advokasi dan pendampingan bagi korban-korban perdagangan ini. Guna membangun komunitas basis perlu adanya jenius lokal yang sanggup menggerakkan kesadaran perempuan untuk berubah.
Kedua, perlu adanya pressure dan dukungan terhadap aparat penegak hukum agar lebih serius menangani masalah ini. Proses sweeping tempat-tempat yang berpotensi menjadi ajang bisnis ini perlu digiatkan. Tempat seperti lokalisasi, salon plus, penampungan pekerja wanita, kost dan sebagainya perlu mendapat perhatian lebih serius karena ditengarai disinilah bisnis ini menemukan lahannya. Peran aktif dan kepedulian semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjadi mata dan telinga bagi aparat guna mengendus praktek bisnis ini. Apabila ditemui hal-hal mencurigakan segera berkordinasi dengan aparat agar tindak pencegahan dapat segera dilakukan. Tak kalah pentingnya adalah memanfaatkan forum pertemuan seperti rapat RT guna mengecek keberadaan warga di sekitarnya, sehingga penambahan maupun pengurangan penduduk di suatu daerah bisa segera diketahui. Sebagai contoh, apabila ada seorang gadis yang pergi cukup lama dari suatu tempat bisa segera dilacak apa alasannya. Model antsipasi sejak dini seperti ini dapat mempersempit proses trafficking terutama yang melalui penculikan, penipuan maupun pemaksaan.
Ketiga, memberikan hukuman seberat-beratnya pada pelaku bisnis ini. Perlu diberlakukan standar hukuman minimal kepada penjual maupun pembeli. Guna mempercepat proses hukum penanganan kasus trafficking, daerah perlu menerbitkan peraturan daerah khusus yang mengatur masalah ini. Keberadaan UU RI No 23 tahun 2004 tentang penghapusan KDRT maupun UU UU No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak harus dijabarkan lebih jelas dalam perda tersebut.
Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan praktek jual beli keperawanan bisa dihapuskan. Kita menyadari jika bisnis ini dijalankan dengan teratur dan terorganisir dengan rapi sehingga upaya pencegahannya membutuhkan keseriusan semua pihak. Tanpa hal itu, keinginan untuk memberantas bisnis ini sampai ke akar-akarnya sangat sulit diwujudkan.

 
Leave a comment

Posted by on January 16, 2013 in CampurSari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: