RSS

Aplikasi konvergensi teknologi pada industi media cetak

18 Feb

Kemunculan mesin cetak yang dan kertas yang dikenal di Eropa bersamaan dengan lahirnya era Renaisanse. Orang-orang Eropa tidak belajar pembikinan kertas di Cina, tetapi juga dari orang-orang Arab. Johan Guttenberg (1400-1468) yang berasal dari Mainz Jerman berhasil menciptakan mesin cetak. Mesin cetak Guttenberg yang diciptakan tahun 1456 tidak hanya terletak pacta proses produksi kertasnya saja, tetapi lengkap dengan huruf – huruf cetakan.

Penemuan tersebut membuat perkembangan media cetak mengalami kenaikan. Generasi pertama pers cetak memanfaatkan teknologi tersebut dan telah menjadi bagian dari saluran penyebaran informasi, budaya, ekonomi, politik dan beragam kepentingan manusia. Model kerja generasi pertama dari jurnalis, editor, lay outer dan bagian produksi media cetak dapat digambarkan sebagai berikut:
– Jurnalis melakukan reportase dan menyampaikan hasilnya kepada editor/redaksi dalam tulisan tangan, hasil ketik manual atau ketika sudah ditemukan komputer menggunakan hasil ketik computer.
– Hasil tersebut kemudian dikoreksi oleh editor atau redaktur
– Hasil koreksi yang sudah siap cetak diberikan kepada lay outer untuk dilakukan penataan sebelum akhirnya dicetak bagian produksi
– Pada masa tersebut pengiriman berita dilakukan melalui kurir. Menggunakan sambungan telepon dan telegram setelah kedua teknologi tersebut ditemukan. Ketika internet berkembang maka pengiriman berita dilakukan melalui email.

Saat ini perkembangan media cetak dipengaruhi oleh munculnya teknologi informasi baru yang konvergen dan interaktif. Media konvergen bisa hadir dalam bentuk paling potabel dan mini seperti handphone. Pada awalnya, telepon seluler berfungsi untuk media komunikasi semata seperti untuk telepon dan SMS. Namun pada saat ini fungsi dari handphone sudah bertambah, selain menjadi media berkomunikasi juga menjadi alat yang dipergunakan dalam berbagai fungsi alat-alat lain. Mulai dari kamera, video, melakukan kerja komputer (mengetik, disain grafis, dan sebagainya), remote, internet, dan berbagai fungsi-fungsi canggih lainnya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sebuah alat kecil seukuran genggaman manusia. Perkembangan tersebut tidak lepas dari dukungan infrastruktur yang terus berkembang dan membuat variasi teknologi berhamburan tanpa henti. Harga pulsa seluler yang semakin murah mendapat dukungan dengan penetrasi internet yang juga tidak kalah pesat. Ketika semua menjadi semakin instan layaknya menggenggam dunia dalam satu kepalan, sebuah alat sekecil telepon seluler bisa memenuhi berbagai kebutuhan manusia baik untuk sekedar informasi, hiburan bahkan kebutuhan menyelesaikan pekerjaan. Penelitian yang dilakukan International Telecommunication Union (2001) menemukan bahwa jumlah penggunaan ponsel di 100 negara-negara miskin melampaui telepon tetap dan komputer, karena harga ponsel terjangkau.

 
Leave a comment

Posted by on February 18, 2013 in Just Talk Active

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: