RSS

Plempoh 1

04 Mar

Salah satu desa wisata budaya yang terdapat di Kabupaten Sleman adalah Desa Wisata Plempoh, Kecamatan Prambanan. Plempoh merupakan desa yang dapat dikategorikan sebagai desa wisata budaya. Penggolongan Plempoh ke dalam kategori desa wisata budaya didasari oleh terpenuhinya beberapa kriteria antara lain: tata cara adat masih mendominasi kehidupan masyarakat, pengelolaan kegiatan seni budaya yang berlangsung di lingkungan desa dilakukan sendiri oleh masyarakat sekitar, dan kehidupan masyarakatnya unik. Terlebih lagi, desa wisata Plempoh merupakan satu-satunya desa wisata yang diakui oleh kecamatan Prambanan.

Desa wisata Plempoh menambah banyak potensi wisata yang ada di Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata yang menawarkan beragam obyek wisata antara lain Kraton Yogyakarta yang menawarkan keindahan dan keagungan peninggalan-peninggalan bersejarah, Candi Prambanan dengan pentas Sendra tari Ramayana, pantai Parangtritis yang menawarkan keindahan pantainya, Malioboro tempat penjualan berbagai macam cindera mata khas Yogyakarta, serta obyek wisata lain. Dengan berbagai obyek wisata tersebut, maka pilihan bagi para wisatawan semakin banyak, dan mereka pun akan leluasa untuk menentukan objek wisata sesuai dengan selera yang mereka inginkan.

Bencana gempa bumi yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006 sangat mempengaruhi sektor pariwisata. Jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami penurunan. Hal ini dapat dirasakan oleh para pelaku industri wisata yang berada di Yogyakarta, terutama di Kabupaten Sleman karena Kabupaten Sleman selama ini dikenal memiliki ODTW (Obyek dan Daya Tarik Wisata) yang beragam. Disamping itu, mulai tampak adanya titik jenuh terhadap produk – produk wisata atau ODTW yang ada di Sleman seperti Kaliurang, Kaliadem, Candi Prambanan maupun objek wisata lainnya, sehingga Kabupaten Sleman merasa perlu untuk menciptakan terobosan bagi pembaharuan ODTW. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kab. Sleman adalah pengembangan “desa wisata”. Usaha ini dapat meningkatkan gairah dan memberikan kesegaran baru bagi industri kepariwisataan. Hingga saat ini, telah tercatat sejumlah 26 desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman.
Desa wisata merupakan upaya pengembangan suatu wilayah desa dengan tidak mengubah apa yang sudah ada, namun lebih kepada usaha penggalian potensi desa. Penggalian potensi dilakukan dengan cara memanfaatkan kemampuan unsur-unsur yang berfungsi sebagai atribut produk desa wisata menjadi rangkaian aktivitas pariwisata, serta mampu menyediakan dan memenuhi serangkaian kebutuhan perjalanan wisata baik aspek daya tarik maupun sebagai fasilitas pelengkapnya (PemKab Sleman, 2004;1).
“Obyek wisata Plempoh ini, merupakan satu-satunya yang diakui sebagai obyek wisata alam di kawasan kecamatan Prambanan. Artinya ini yang mendapat pengakuan resmi dari pemerintah” (Kutipan wawancara dengan Bapak Joko selaku pengelola desa wisata)

Ditengah kehidupan saat ini yang serba berteknologi canggih, kehadiran desa wisata budaya ini memang semakin penting karena perhatian masyarakat Indonesia terhadap warisan budaya nenek moyangnya semakin berkurang. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk mengalihkan kembali perhatian masyarakat terhadap warisan budaya yang ada dengan menampilkan sesuatu yang unik dan menarik seperti desa wisata budaya ini. Untuk menarik perhatian masyarakat terhadap keberadaan desa wisata budaya, maka sangat diperlukan promosi atau pemasaran yang bagus.

 
Leave a comment

Posted by on March 4, 2013 in CampurSari

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: