RSS

Pro Sosial dan Anti Sosial

20 Mar

Di antara banyak sarana komunikasi yang menginformasikan kebudayaan maka film anak-anak yang ditayangkan televisi merupakan media modern yang memiliki daya tarik luar biasa. Penyajian informasi kebudayaan yang dikembangkan dalam bentuk alur cerita yang menarik menjadikan film sebagai sarana transformasi nilai dan sosialisasi satu arah yang efektif. Salah satu permasalahan yang masih menjadi kontroversi sekarang ini adalah tidak sesuainya penayangan pada televisi dengan klasifikasi tayangan yang diterapkan KPI dalam P3/SPS tersebut dan khususnya dalam tayangan untuk anak-anak yaitu film kartun.

Film kartun biasanya dikonsumsi dan sangat digemari oleh anak-anak. Hal tersebut terbukti dengan ditayangkannya acara film kartun oleh beberapa stasiun televisi swasta dan banyaknya tayangan film kartun tersebut di hari Minggu. Banyak dari film kartun yang ditayangkan tersebut merupakan film impor yang didatangkan paling banyak dari negara Jepang dan Amerika sedangkan sisanya ada yang berasal dari negara Perancis dan RRC walaupun amat sedikit seperti yang telah disebutkan pada penelitian Depdikbud tentang pesan budaya film anak dalam tayangan televisi (Kartikasari,1995:41).
Seiring dengan perkembangan zaman, pengklasifikasian tayangan televisi berdasarkan golongan umur pun dapat berubah dan hal tersebut juga berlaku juga bagi tayangan anak khususnya film kartun. Kartun hanya merupakan media dari sebuah tayangan filmnya saja, akan tetapi bagaimana dengan tema yang terkandung di dalamnya serta tampilan-tampilan visualnya. Agaknya stasiun televisi masih menerapkan standarisasi yang lama dalam penayangan sebuah tayangan kartun. Salah satu contohnya adalah pemutaran anime Rurouni Kenshin yang menceritakan perjuangan seorang samurai tanpa tuan. Secara sekilas mungkin jalan cerita yang sedikit rumit serta menonjolkan aksi perkelahian dari anime tersebut sepertinya memang bukan program yang diperuntukkan bagi anak-anak. Sebab seperti yang tertulis di P3 / SPS pada bab VI pasal 66 ayat c tentang ketentuan program siaran dengan klasifikasi A menyebutkan bahwa : ”program tersebut tidak boleh menonjolkan kekerasan (baik perilaku verbal maupun non verbal) serta menyajikan adegan kekerasan yang mudah ditiru anak-anak”.

Sebagai media massa, tayangan televisi memungkinkan bisa ditonton anak-anak termasuk acara-acara yang ditujukan untuk orang dewasa. Saat ini setiap stasiun televisi telah menyajikan acara-acara khusus untuk anak. Walaupun acara khusus anak tersebut masih sangat minim. Hasil penelitian yang dilakukan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YLKI) (Mulkan Sasmita, 1997), persentase acara televisi yang secara khusus ditujukan bagi anak-anak relatif kecil, hanya sekitar 2,7% sampai dengan 4,5% dari total tayangan yang ada. Yang lebih menghawatirkan lagi ternyata persentase kecil inipun materinya sangat menghawatirkan bagi perkembangan anak-anak. (http://www. pustekkom. go.id /teknodik/t7/7-7.htm).
Fenomena yang menarik dari film anime ini ketika menampilkan pesan moral dan budaya yang terkadang kontradiktif dan kerapkali memberi nilai pendidikan yang tidak positif dan cenderung mengarah kepada nilai-nilai pendidikan yang negatif. Apalagi jika proporsi dari nilai-nilai pendidikan yang negatif itu lebih besar ketimbang nilai-nilai pendidikan positifnya.

Disarikan dari tulisan tebal sahabat saya RIsang Pradana (semoga lanjut)

 
Leave a comment

Posted by on March 20, 2013 in CampurSari

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: