RSS

Lebih dari sekadar Tajam dan Terpercaya

27 May

Perkembangan teknologi merubah kebiasaan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Demikian halnya dengan kebutuhan informasi. Dahulu kita mengenal Koran, majalah, radio, televise, bulletin sebagai sumber informasi. Sekarang perkembangan teknologi informasi membuat pergeseran baru dengan lahirnya media online. Kehadiran internet merubah medium yang digunakan oleh manusia untuk mengakses informasi.

Untuk mendapatkan “Berita Terkini”, “Berita Terbaru” dan “Berita Hari ini” situs berita online menjadi pilihan utama dikalangan generasi muda saat ini. Bermunculan situs-situs berita yang berlomba-lomba menyajikan informasi terbaru. Situs berita online dipilih karena memiliki beragam keunggulan. Diantaranya keluasan informasi, ringkas, cepat, interaktif. Dahulu ketika belum ada situs berita online setidaknya kita harus menunggu sehari untuk membaca berita yang baru dicetak esok hari. Sekarang peristiwa yang sedang terjadi bisa disajikan lebih cepat, nyaris tanpa jeda waktu. Internet menyajikan konvergensi media yang memungkinkan konten tulis, audio, dan video tersaji secara bersamaan.

Pertanyaannya, ketika hampir semua media memiliki versi online nya, terus apa alasan kita memilih untuk mengakses suatu situs berita online?syarat apa yang harus dimiliki sehingga situs tersebut layak dijadikan sebagai rujukan terpercaya?

Menurut saya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh situs berita online untuk bisa dijadikan sebagai rujukan informasi. Syarat tersebut dibagi dalam dua kategori, yaitu: konten dan tampilan. Pertama, Konten media online harus mewakili kebutuhan informasi penggunannya. Kelengkapan isi, akurasi, objektifitas, narasumber yang kredibel, analisis yang tajam akan membuat situs berita online dipercaya. Isi yang enteng jadi tidak membebani kuota, misal berita dibuat ringan atau di kompres. Enteng berarti cepat diakses. Sehingga pembaca yang menggunakan handphone, smartphone atau gadget mobile lainnya tidak kesulitan untuk membuka. Saat ini juga banyak vendor yang memberikan layanan paket kuota internet, jadi kalau kontennya berat sudah pasti tidak disukai karena akan menggerus paket kuota yang telah dibeli. Situs media online juga memanfaatan sosial media seperti twitter dan facebook dengan cara memberikan headline dan link berita. Kalau link berita yang diberikan susah dibuka karena kapasitas yang berat. Maka pembaca akan meninggalkan situs berita tersebut.
Kedua dari sisi tampilan,. Suatu media online meski memiliki konten yang bagus tidak akan diakses kalau tidak memiliki kemudahan akses dan tampilan grafis yang tidak melelahkan mata. Pilihlah tampilan yang sederhana dan tidak membuat pembaca cepat capek, bosan dan jengkel dengan grafis ataupun penempatan iklan yang tidak proporsional. Kita tahu media butuh iklan untuk hidup, cara menempatkan iklan yang proporsional akan membuat pembaca mau kembali. Jangan ngeblok di seluruh tampilan, itu menyebalkan banget, apalagi baru membuka situsnya sudah langsung muncul iklan sehalaman penuh

Dari sekian banyak situs berita online, saya merekomendasikan untuk mengakses dan membaca informasi yang tersaji di http://www.liputan6.com. kalau kita mau mendapat Berita Terkini”, “Berita Terbaru” dan “Berita Hari ini ya disinilah tempatnya. Berita terkini liputan6.com adalah jawaban bagi kebutuhan informasi masyarakat.

Terus kenapa dengan situs berita ini?
Ada beberapa alasan yang menjadi bahan pertimbangan sebelum merekomendasikan situs ini:

1. Isinya sesuai kebutuhan pembacanya

Lihat aja fitur-fitur yang ada di website ini. Komplit dan mudah untuk diakses. Keberadaan dari icon-icon berita membuat pembaca lebih mudah mengakses berita sesuai dengan kebutuhannya. Kayak warteg pilih menunya sesuai kebutuhan. Gak perlu kita mengakses informasi yang memang tidak dibutuhkan. Jadi dengan adanya pilihan yang telah disediakan kita tinggal klik informasi apa yang mau diakses. Berita terkini liputan6.com tidak digelontorkan begitu saja, melainkan disajikan dalam bentuk-bentuk icon pemberitaan sesuai kategori yang dibutuhkan.

2. Citizen 6 (kita juga terlibat)

citizen6.

Di situs berita online lain belum tentu ada ruang ini. Melalui CItizen 6 kita bisa ikut serta berbagi informasi sehingga tidak terjadi monopoli informasi dari satu pihak. Informasi dua arah yang dibangun oleh liputan6.com memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk terlibat berbagi informasi. Tidak ada monopoli informasi dari pihak tertentu. Kita bisa melaporkan beragam peristiwa yang kita temui sehingga orang lain bisa mengaksesnya. Ini nampaknya ruang publik yang membuat kesempatan dari setiap orang menjadi setara dalam mengakses dan menyebarkan informasi.

3. Tajam Terpercaya
Informasi saat ini kayak air bah tumpah yang menyapu, bak cendawan di musim hujan yang tumbuh dimana-mana. Jumlah kanal informasi lain juga sangat banyak. Tentu saja sumber yang terpercaya dan memberikan informasi yang tajamlah yang layak untuk diakses. Liputan6.com sudah membuktikan kedua hal tersebut. Ini tentu saja tidak lepas dari pengalaman Liputan6 yang telah menyajikan informasi sejak bertahun-tahun lalu. Kredibilitas dan kepercayaan itu telah dibangun panjang dengan rentetan konsistensi yang mengagumkan.

Lengah! digilas

Sekedar masukan buat liputan6.com. Persaingan media online akan terus berkembang. Situs-situs baru bermunculan dengan beragam kelebihan. Ini menjadi tantangan bagi pengelola untuk terus memperbaiki kualitas dari situs liputan6.com. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan posisi media di tengah pertarungan arus informasi global.
Beberapa masukan untuk http://www.liputan6.com diantaranya:

a. Pentingnya faktor etika dan kredibilitas (akurasi dan kebenaran informasi). Media online seringkali hanya mementingkan kecepatan, sedangkan tingkat akurasi dan kedalaman informasi sangat rendah. Kondisi ini sering diperparah dengan rendahnya pemahaman tentang etika media. Sering kita jumpai berita, foto maupun liputan video yang menabrak rambu-rambu etika. MIsalnya etika tentang pemberitaan anak, perempuan, korban bencana, kaum marjinal dan lainnya yang sering dianggap sepele. Prinsip Deontologi Jurnalisme penting untuk diperhatikan. Libois (dalam Haryatmoko,2007) mengajukan tiga prinsip utama deontologi jurnalisme yaitu: pertama, hormat dan perlindungan atas hak warga negara akan informasi dan sarana-sarana yang perlu untuk mendapatkannya. Kedua, hormat dan perlindungan atas hak individual lain dari warga negara. Termasuk di dalamnya hak akan martabat dan kehormatan, hak keseahatan fisik dan mental, hak konsumen, dan hak jawab. Ketiga, ajakan untuk menjaga harmoni masyarakat. Di dalamnya termasuk larangan untuk melakukan provokasi atau dorongan yang akan membangkitkan kebencian atau ajakan pada pembangkangan sipil

B. Menjaga prinsip Imparsial
Kalau media tidak mampu menjaga prinsip-prinsip objektivitas, imparsialitas terus buat apa kita membaca informasi yang disajikan. Sudah pasti informasi yang disajikan akan memihak kepentingan tertentu. Tentu saja tidak mudah menjaga prinsip objektivitas mengingat media juga memiliki kepentingan ekonomi dan politik. Tapi hal ini tidak berarti bahwa objektivitas adalah sebuah mission impossible. Kalau harus berpihak berikanlah informasi yang memihak kepentingan orang banyak, kepentingan mereka yang tertindas, kepentingan mereka yang dilanggar hak-hak nya. Melalui citizen 6 sebenarnya prinsip-prinsip empowering bisa dikembangkan. Berikan ruang dan doronglah mereka yang tertindas dan termarjinalkan utuk menyuarakan hak-hak nya.

Pada akhirnya penilaian mutu dan keberlangsungan dari sebuah portal berita bermula dari penilaian pembacanya. Kalau mereka merasa terpenuhi kebutuhan informasinya maka dengan senang hati mereka akan kembali. Selain itu konsistensi dari pengelola juga merupakan faktor determinan untuk menjaga keberlangsungan portal pemberitaan. Sejauh mana konsistensi, kesungguhan, kreatifitas dan daya tahan mereka dalam menyajikan informasi akan diuji.

– .

 
4 Comments

Posted by on May 27, 2013 in lomba kary tulis

 

4 responses to “Lebih dari sekadar Tajam dan Terpercaya

  1. ğύяύ яύşýĎéé™ (@gurusydi)

    June 8, 2013 at 11:46 pm

    banyak loh media yg gak obyektif, contoh pas pemberitaan beragam media bilang fatohnah kader pks, eh ternyata bukan, dan gak ada media yg klarifikasi atas pemberitaaan sebelumnya

     
    • mubarok01

      June 9, 2013 at 1:04 am

      betul mas, media memang banyak yg gak objektif,,malahan sebagian besar gak obyektif dalam pemberitaan, banyak kepentingan ekonomi dan politiknya

       
  2. Rusa

    June 26, 2013 at 8:28 am

    Citizen6 dari Liputan6.com sih oke, sayang masih harus kirim email, belum bisa uplot sendiri usernya. Hehehe…

     
    • mubarok01

      June 27, 2013 at 2:19 am

      iya, betul…

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: