RSS

Karakteristik Jurnalistik Televisi

30 May

Gegap gempita dunia pers Indonesia seakan meledak sejak datangnya era reformasi. Hal ini ditandai dengan lahirnya UU No.40 tahun 1999 tentang pers, dimana pada pasal 4 ayat (2) dan (3) terkandung konsep “kemerdekaan pers” yang didefinisikan sebagai bentuk kebebasan untuk mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi tanpa hambatan dari pihak manapun. Televisi sebagai salah satu media penyampaian informasi yang paling efektif pun tidak lepas dari euforia kebebasan pers ini. Ketika peristiwa penting terjadi, stasiun televisi berlomba-lomba untuk mengulas kejadian secara ekslusif, mendalam dan menjadi yang tercepat untuk meraih rating pemirsa.

Fungsi televisi sebagai media informasi semakin penting. Media elektronik ini kini telah menjadi media informasi yang dicari orang karena kegiatan jurnalistiknya. Jurnalistik televisi di Indonesia baru muncul pada paruh kedua tahun 60-an. Itu pun dalam pengertian dan bentuknya yang paling sederhana, baik isi (content), packaging (format), maupun teknologinya. Isinya pun dipertanyakan kelayakannya sebagai karya jurnalistik. Dalam penyajiannya, TVRI sebagai satu-satunya televisi saat itu hanya menjadi alat propaganda, corong pemerintah, alias public relations (PR) pemerintah. Setidaknya hal itu tampak jelas sejak awal hingga berakhirnya rezim Soeharto. TVRI gagal menjalankan peran dan misi sebagai TV publik, sebagaimana Inggris dengan BBC-nya, Jepang dengan NHK-nya, atau Australia dengan ABC-nya.

Jurnalistik televisi semakin dilirik menyusul booming televisi di Indonesia. Lahirnya budaya televisi (audiovisual) memang mampu menggeser dominasi budaya tulis. Televisi seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan sifatnya yang immediately, media televise mampu mendekatkan peristiwa dan tempat kejadian dengan penontonnya (Baksin, 2006: 59). Terdapat beberapa unsur dominan yang menjadi ciri khas dari media televisi, yaitu; (1) Anchor; (2) Narasumber; dan (3) Bahasa yang digunakan.

 
Leave a comment

Posted by on May 30, 2013 in Just Talk Active

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: