RSS

Anchor

09 Jun

Istilah anchor khusus diberikan kepada seseorang yang membawakan atau menyajikan berita. Kedudukan seorang anchor (penyaji berita) dan reporter di monitor mempengaruhi persepsi dan penerimaan penonton. Anchor yang tampak memiliki integritas dan cerdas (smart) mampu menghipnotis penonton untuk melihat tayangan televisi. Penampilan anchor yang santai, bersahabat, dan komunikatif mampu mengajak penonton untuk lebih antusias mengikuti tayangan berita.

Sebaliknya, jika penampilannya terlalu kaku, formal sekali, dan kurang bersahabat serta tidak kelihatan integritasnya maka bisa jadi penonton langsung memindahkan saluran televisinya. Beberapa orang diantaranya yang cukup melekat adalah Desy Anwar, Ira Kusno, Sandrina Malakiano, Fifi Aleyda Yahya, Chandra Sugarda, Rosiana Silalahi dan lain lain (Baksin, 2006: 65). Anchor adalah seseorang yang enak dilihat dan enak didengarkan dalam membawakan acara siaran, serta menunjukkan kepribadian yang wajar. Kebanyakan orang merasa malu (self conscious) atau gugup bila menghadapi mikropon dan kamera televisi. Anchor harus dapat mengatasi “demam mikropon”, “demam kamera”, dan juga “demam panggung”. Anchor juga harus bisa mengendalikan sikap atau gerakan dan perasaan (motions dan emotions) dalam memelihara intimacy (kedekatan) dengan pemirsa melalui kontak mata (eye contact).

Menurut Hartoko, masalah mental yang dihadapi oleh setiap anchor adalah bagaimana supaya merasa akrab setulusnya terhadap penerima yang terdiri atas pemirsa yang tidak dilihatnya. Dalam pendekatannya harus pula punya rasa berhubungan perorangan, berbicara kepada lensa kamera dengan nada percakapan (conversational tone). Anchor yang baik selalu menyadari bahwa ia menghadapi pemirsa-pemirsa melalui “human being”, karena itu memerlukan pula pengalaman dalam pergaulan dengan orang banyak (Baksin, 2006: 158).

Menurut Boyd (dalam Baksin, 2006: 159), seorang anchor harus memiliki syarat-syarat: (1) Otoritas; (2) Kredibilitas; (3) Kejelasan dan kejernihan suara; (4) Komunikatif; (5) Kepribadian kuat; (6) Profesionalitas yang tinggi; (7) Penampilan dan volume suara yang prima.

 
Leave a comment

Posted by on June 9, 2013 in CampurSari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: