RSS

Kiprah Blogger Mendukung PLN Bersih

22 Oct

Pertama kali membaca info lomba bertema “Blogger Dukung PLN Bersih” yang dilakukan PLN, pertama kali yang terbersit dibenak saya adalah “ini sebuah langkah maju dari PLN“. Ditengah hiruk pikuk korupsi yang sudah menggerogoti setiap sendi kehidupan bangsa ini, langkah PLN untuk menjadi bersih patut diacungi jempol.
Korupsi kayaknya sudah menjadi kebudayaan, berjamaah, beranak pinak dan terus berkembang. Kayak lingkaran setan yang sulit dihentikan. Bahkan ketua lembaga tinggi negara saja tidak luput dari terkaman korupsi. Awalnya sempat ada keraguan bisa nggak ya mewujudkan PLN Bersih itu, mengingat kuatnya akar korupsi di negeri ini. PLN nya pengin bersih tetapi kalau karyawan, dan stakeholder lainnya nggak dukung ya percuma.
Setelah membaca program PLN Bersih di http://www.plnbersih.com saya melihat semangat yang kuat dari BUMN ini. Nggak cuma buah bibir tetapi PLN benar-benar serius untuk menjadi bersih. Untuk memastikan keberhasilan program ini PLN juga tidak ragu melibatkan Transparency International Indonesia (TII) untuk membantu mengawasi program tersebut. Untuk memahami tekad kuat PLN bersih bisa dilihat dari empat pilar berikut:


Gambar: Empat Pilar PLN Bersih

Keempat pilar tersebut menunjukkan sebuah kesatuan yang kuat untuk menangkal praktek korupsi di PLN. Partisipasi dari seluruh pegawai dan stakeholder PLN menjadi pilar pertama yang mewujudkan PLN bersih. Partisipasi tersebut bukan sekedar euforia tetapi didukung dengan integritas yang kuat dari karyawan dalam memberikan pelayanan. Sedangkan transparansi dan akuntabilitas menujukkan sikap “jantan” dari PLN. BUMN ini tidak menutup-nutupi aktifitas kerjanya sehingga publik bisa ikut mengawasi.

Sesuatu yang beda

Nah ini yang beda, PLN meminta dukungan dari Blogger untuk mewujudkan PLN Bersih. Sebuah terobosan yang luar biasa, berani dan menunjukkan kesungguhan. Mungkin ada yang bertanya apa hebatnya Blogger kok diminta mendukung program PLN bersih? Eit jangan salah akan saya sebutkan kehebatan para blogger ini, diantaranya:
1. Blogger berasal dari beragam profesi, ada yang penegak hukum, akademisi, ahli, mahasiswa, ibu rumah tangga, tokoh masyarakat, pegadang, pengusaha dan seabrek profesi lainnya. Kalau mereka bisa ikut mengawasi saya yakin program PLN akan berjalan dengan baik.
2. Opini di dunia maya yang dibuat oleh Blogger secara berjamaah ternyata bisa menjadi gerakan luar biasa di dunia nyata. Ingat kan peristiwa Prita Mulyasari, Koin Untuk Bilqis dll yang mendapat dukungan berbagai pihak. Nah kalau program PLN bersih ini juga didengungkan terus-menerus,bisa menjadi katalisator program sejenis di tempat lain. Ujung-ujungny Indonesia bisa bebas dari praktek korupsi (amiin).
3. Kekuatan jaringan. Blogger biasanya memiliki komunitas entah di dunia nyata atau maya. Ini bisa menjadi forum diskusi, menelurkan ide sekaligus mengawasi program PLN Bersih. Blogger yang tersebar di seluruh tanah air bisa membantu PLN menegakkan budaya bersih ini, seperti: melaporkan kalau ada indikasi praktek korupsi di daerah, membuat ulasan dan gerakan agar menguatkan hati dan mental karyawan PLN agar selalu bersih. Ingat, kadang orang yang sudah berniat untuk bebas korupsi seringkali motivasinya kendor kalau kurang mendapat dukungan sementara godaan korupsi begitu menggiurkan.

Apa syaratnya biar peran Blogger ini nyata

Kita tentunya tidak ingin kalau program PLN bersih yang didukung Blogger ini cuma ramai sesaat. Untuk mewujudkan dukungan nyata Blogger ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan, diantaranya:
a. Blogger harus paham program PLN Bersih
Kalau Blogger tidak paham program ini ya bagaimana mungkin bisa memberikan dukungan. Melalui situs http://www.plnbersih.com sebernarnya semua informasi sudah tersedia. Jadi ayo para Blogger kita baca, pahami dan dukung program ini. PLN juga sudah melalukan gathering dengan Blogger yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang program PLN Bersih.
Ini contoh acaranya yang diadakan di Jakarta 4/10 kemarin:

Gambar: Diskusi PLN dan Blogger

b. Blogger mau secara sukarela membantu PLN
Untuk mewujudkan Indonesia lebih baik, salah satunya program PLN Bersih saya yakin para blogger akan bersedia medukung program tersebut.
c. Blogger mendapat akses informasi yang cukup dari PLN
Ini tidak usah diragukan lagi. PLN sudah mencanangkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan. Mereka siap memberikan informasi yang dibutuhkan.
d. Kritik dan masukan konstruktif, bukan merusak
KIta paham kalau PLN sedang menempuh jalan untuk lebih baik. Jadi yang dibutuhkan adalah kritik dan masukan konstruktif untuk menjadi lebih baik. Jadi berikan masukan positif, bukan cacian atau rongrongan yang justru menghancurkan. Kalau ada piring kena kotoran bukan piringnya yang dipecah tetapi kotoranya yang dihilangkan.

Toh kalau PLN bersih rakyat juga yang untung. BUMN maju, negara maju, rakyat juga semakin sejahtera. Buat teman-teman Blogger “Kalau ada petugas PLN yang minta-minta uang dan memeras, kirim SMS langsung ke nomor 081281022000, itu SMS PLN Peduli, dan pasti dilakukan follow up atau ditindaklanjuti,” jelas Dwi kepada para Blogger. Ini kata dari Manajer Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan Dwi Kusnanto seperti dikutip dari http://plnbersih.com/.Selain menyediakan layanan nomor SMS PLN Peduli, Dwi menjelaskan bahwa kini semua yang berhubungan dengan PLN cukup telepon ke 123 atau ke Call Center PLN.

Buat teman-teman Blogger dimanapun, ayo dukung Program PLN Bersih. Manfaatkan blog kita untuk membuat bangsa ini lebih baik.

Referensi:
http://plnbersih.com/blog/2013/10/05/blogger-kumpul-bareng-pln-berbincang-anti-korupsi/
http://plnbersih.com/blog/2013/10/07/pita-empat-pilar-program-pln-bersih/

 
Leave a comment

Posted by on October 22, 2013 in CampurSari

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: