RSS

50ribu=Berkah dan Senyum

05 Jun

Kebahagiaan itu katanya tidak lengkap kalau tidak menghadirkan senyum bagi sesama. Bahagia untuk diri sendiri sementara saudara yang lain dalam kesusahan rasanya tidak lengkap. Kali ini saya akan cerita bagaimana dengan uang 50 ribu kita bisa jalan-jalan di Semarang plus menghadirkan kebahagiaan untuk orang lain. Artinya dengan 50 ribu kita bisa mendapat kebahagiaan (senyum) sekaligus membahagiakan orang lain (berkah). Jadi konsep perjalanan kali ini adalah “jalan-jalan keliling semarang, menebar senyum dan diiringi dengan sedekah”

Kita mulai ceritanya.

Semarang, adalah ibukota Jawa Tengah, terletak di pesisir utara Pulau Jawa. TIpologi kotanya naik turun, berhawa panas dan memiliki kultur campuran antara masyarakat industri dan pesisir. Kalau mau jalan-jalan di Semarang, pakai motor lebih praktis, cukup modal bensin 2 liter (2 x6500=13 ribu) udah panas nih pantat buat keliling kota. Tapi kalau mau lebih santai sambil melihat pemandangan kota, enaknya sih naik BRT (ini kayak busway di Jakarta). Kalau naik BRT ini kita bisa keliling kota Semarang cukup dengan 3500 rupiah. Kalu mau pindah jalur sepanjang masih turun di halte kita gak perlu nambah duit lagi.
– Kita mulai perjalanan dari daerah Semarang atas tepatnya di Tembalang. Kenapa dimulai dari Tembalang. Disini merupakan salah satu pusat kegiatan warga Semarang. Di Tembalang kita akan ketemu kampus Universitas Negeri terbesar di Jawa Tengah yah namanya Universitas Diponegoro. Karena lingkungan kampus sudah pasti kehidupannya gak ada matinya. selama 24 jam daerah ini selalu rame. Warung, toko, gerai waralaba, rental komputer dll siap melayani selama 24 jam. Buat kulineran juga asyik. Banyak jenis kuliner tersebar di daerah ini. Karena konsepnya jalan sambil beramal maka di Tembalang keluarkan uang 5000, berikan kepada siapapun yang membutuhkan, yang pertama kali ditemui hari itu. Nah duitnya masih 45 ribu. Kita sarapan dulu, salah satu menu tradisonal yang ada disini adalah “Gablok”. Makanan ini kayak gendar yang kemudian ditaburi bumbu kacang plus sayuran (pecel). Jangan lupa nyicipi gorengannya. Harga Gablok per porsi 1.500, gorengan 2: 15000, teh anget:15000, jadi cukup dengan 4500 kita sudah sarapan. DI tembalang selain wisata kampus, kita bisa juga menikmati aneka kreatifitas anak mudanya. Sampai di Tembalang kita sudah mengeluarkan duit 5000 (buat sedekah) + 4500 (buat sarapan): jumlah pengeluaran= 9500
– Dari Tembalang kita menuju ke pusat kota Kawasan Simpang 5. Ini adalah jantungnya kota Semarang. Kawasan ini menjadi pusat keramaian dan aktifitas warga. Dari Tembalang kita bisa naik BRT seharga 3500. DI kawasan Simpang 5 berderet aneka Mall, dan Masjid legendaris yaitu masjid Baiturrahman. Setelah puas mengelilingi kawasan Simpang 5 jangan lupa bergeser sedikit ke barat menuju Lawang Sewu. Bangunan bersejarah peninggalan Belanda ini menjadi salah satu icon Kota Semarang. Dari Simpang 5 ke Lawang Sewu bisa naik bis kota dengan ongkos 2000 atau jalan kaki sambil melihat suasana kota. Tarif masuk kawasan Lawang Sewu sekitar 5000 (kalau belum naik, hee). jadi sampai sini kita sudah menghabiskan. 9500+3500+2000+5000= 20.000 yeah duitnya masih 30 ribu.


Sumber Gambar, Klik

– Dari Lawang sewu kita bisa lanjut ke Kota Lama. naik bis kota sekitar 3000 rupiah. Di kawasan ini kita akan ketemu bangunan bersejarah peninggalan kolonial, seperti Gereja Blenduk, Musium Kereta Api, Stasiun Kereta Api Tawang, Polder Tawang dll. Bagi yang hobi fotografi disini kalian akan ketemu banyak komunitas foto. Mereka terpikat dengan keindahan Kota Lama. TIdak jarang daerah ini juga dijadikan lokasi pengambilan gambar sinetron dan film.
– Dari kota lama jalan kira2 500 meter akan ketemu Pasar Johar. salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Semarang. dengan modal sisa duit 27 ribu saatnya kita istirahat, makan siang, sambil beli oleh-oleh khas Semarang yang murah meriah disini. Ada pusat oleh2 di Jalan Pandanaran tapi kalau gak bawa duit banyak, mending jalan ke Pasar Johar. Kuliner siang hari di sekitar pasar Johar, kita bisa nyicipi soto khas semarang per porsi sekitar 8000 (sudah sama 1 gelas teh anget). Sambil istirahat makan siang, bagi yang muslim bisa sholat dhhur atau ashar di Masjid Kauman. Kalau mau beli oleh khas bisa milih antara Wingko Babat atau Lumpia. Wingko babat seharga 1000 rupiah per buah, sedangkan lumpia sekitar 1500 rupiah perbuah. Duitnya 27 ribu- makan siang 8000= masih 19.000. Beli oleh2 wingko babat 5 buah 5000 rupiah jadi duitnya masih 14.000
– Dari pasar Johar kita bergeser ke Barat menuju Klenteng Sam Pho Kong. cukup naik bis kota seharga 3000. Klenteng ini menjadi salah satu simbol pluralitas warga Semarang. duitnya masih 11 ribu. sebelum menutup hari kembali kita keluarkan 5000 buat sesama. Berikan kepada merekayang membutuhkan. sisa 9000 bisa buat naik bis kembali ke tembalang, atau ke stasiun kereta, atau ke terminal untuk melanjutkan perjalanan ke kota lain.

nah duitnya sudah habis, perjalanan berkah sambil beramal dan tersenyum karena bisa jalan2 keliling kota Semarang
buat yang mau jalan-jalan pakai motor Klik dulu link dibawah ini ya, pilihan motor tepat buat keliling kota semarang.

 
Leave a comment

Posted by on June 5, 2014 in CampurSari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Open Mind

Sabar dan Syukur sebagai bekal kehidupan

HaMaZza's Blog

Berbagi Inspirasi, Cerita & Pengalaman

belalang cerewet

semua dicatat agar awet

momtraveler's Blog

my love ... my life ....

software4ku

Bermacam - macam software dan program, Tips dan trik

Let's remind each other...

..yuk saling mengingatkan..

All Words

Motivation Comes From The Words and Yourself

~Harap dan Terus Berharap~

tak ada yang bisa sobat dapatkan disini selain setetes ilmu dan keinginan untuk merajut benang-benang ukhuwah

Umarat's Blog

"Biasakanlah Yang Benar, Jangan Benarkan Kebiasaan"

Postingan Dunia

Dunia Membutuhkan kita

%d bloggers like this: